Apakah kalian sudah tau perbedaan TOEIC dan TOEFL?

Anda harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris sebelum Anda dapat belajar di luar negeri atau mengajukan permohonan beasiswa. Persyaratan bahasa Inggris ini umumnya berlaku untuk siswa internasional yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Salah satu persyaratan bahasa Inggris adalah skor minimum TOEFL IELTS atau TOEIC. Tes bahasa Inggris dirancang untuk mengukur pengetahuan bahasa Inggris siswa bahasa Inggris. Kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara TOEIC dan TOEFL. Karena kedua ujian ini berbeda. Jangan bingung Inilah perbedaan antara TOEIC dan TOEFL.

Ap aitu TOEFL?

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah tes yang mengukur kemampuan bahasa Inggris orang-orang yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris. Tujuan dari tes TOEFL ini adalah untuk lamaran pekerjaan atau persyaratan bahasa Inggris di negara-negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa utama. Institusi akademik di AS dan Kanada umumnya menggunakan ujian ini. Karena itulah bahasa yang digunakan dalam ujian ini adalah American English atau Bahasa Inggris Amerika.

Inilah salah satu perbedaan antara TOEIC dan TOEFL. Ada tes tambahan yang bisa Anda lakukan di TOEFL. Jenis-jenis TOEFL adalah sebagai berikut.

  1. PBT (Paper Based Test)

Tes berbasis kertas ini merupakan jenis TOEFL yang biasanya dilakukan oleh Lembaga Pendidikan Guru atau Lembaga Bahasa Profesional. Tes ini akan dicetak di atas kertas seperti namanya. Tes biasanya berlangsung 3-4 jam dan melibatkan struktur pendengaran

2. iBT (Internet-Based Testing)

Tes TOEFL ini menggantikan tes berbasis komputer dan berbasis kertas. Format pertanyaannya sama dengan pertanyaan kertas tetapi tidak ada dialog yang terstruktur. iBT TOEL ini umumnya merupakan salah satu persyaratan bahasa Inggris universitas asing.

READ ALSO :  Cara Mendapatkan Sekolah Terbaik untuk Anak

3. CBT (Computer Based Test)

Tes TOEFL ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998 sebagai alternatif format PBT. Total durasi proses adalah sekitar 4 jam dan pertanyaan tidak dapat diulang jika ditinggalkan. Sayangnya jenis TOEFL ini kurang populer dibandingkan PBT dan iBT TOEFL

4. ITP (Institutional Testing Program)

Bagi Anda yang ingin berlatih sebelum mengikuti tes PBT atau iBT IPT ini mungkin bisa menjadi pilihan. Pertanyaan yang diajukan didasarkan pada cara mengajukan pertanyaan internasional. Biaya untuk mengikuti TOEFL juga lebih murah dibandingkan jenis tes TOEFL lainnya.

Apa itu TOEIC?

Test of English for International Communication (TOEIC) adalah ujian bahasa Inggris yang dibuat pada tahun 1979. Seperti halnya ujian TOEFL tujuan dari ujian ini adalah untuk mengukur tingkat kemahiran bahasa Inggris tertentu. Tujuan TOEIC adalah untuk menciptakan kebutuhan akan partisipasi dalam dunia kerja atau globalisasi. Tes ini biasanya dilakukan di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris seperti Jepang Korea China dan negara-negara Asia lainnya. Begitu juga dengan kebutuhan promosi. Tahukah Anda bahwa beberapa perusahaan bahkan merancang program pelatihan TOEIC untuk karyawan! Merupakan benchmark antara instansi pemerintah dan perusahaan yang menggunakan TOEIC dengan tujuan yang sama.

Perbedaan TOEIC dan TOEFL

Tujuan dari TOEIC dan TOEFL adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris secara akurat. Namun jika keduanya sama maka ada perbedaan antara TOEIC dan TOEFL dan perlu Anda ketahui agar tidak bingung. Lihat di bawah untuk perbedaannya!

Tujuan Tes

Meskipun tujuan tesnya adalah bahasa Inggris Anda tahu bahwa tujuan TOEIC dan TOEFL berbeda. Tes TOEFL biasanya dirancang untuk memenuhi persyaratan bahasa Inggris untuk pendidikan lebih lanjut atau untuk mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Bagaimana dengan TOEIC? Tes ini dirancang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di tempat kerja. Sekarang Anda tahu bahwa Anda memerlukan TOEFL jika Anda ingin memenuhi persyaratan bahasa Inggris Universitas. Untuk mendapatkan pekerjaan atau memenuhi persyaratan periklanan perusahaan TOEIC adalah pilihan yang tepat.

READ ALSO :  Cara Menjawab Soal TOEFL Dengan Sederhana

Format Tes

Ada perbedaan antara format tes TOEFL dan format tes TOEIC lainnya. Ujian TOEFL mencakup 4 sesi membaca mendengarkan mendengarkan dan menulis. Tes TOEFL biasanya memakan waktu 4 jam. Tujuan dari kelas ini adalah untuk menguji kemampuan bahasa Inggris Anda. Sementara TOEIC hanya memiliki 2 sesi reading dan listening. Sesinya pendek dan durasinya pasti kurang dari 2 jam. Selain itu tes ini lebih mudah daripada tes TOEFL karena sesinya lebih kecil.

Isi Tes

Karena tujuan dan format tes TOEFL dan TOEIC berbeda maka isi dari kedua tes tersebut tentu saja berbeda. Konten TOEFL biasanya lebih banyak tentang bidang akademik dan lebih khusus lagi tentang kehidupan kampus yang akan Anda hadapi di masa depan. Karena itulah ujian ini akan banyak membahas tentang ekonomi sejarah sosial dan aspek lainnya. Kehidupan sehari-hari dan kegiatan kelas dan organisasi juga dibahas dalam diskusi. Jadi jika nanti Anda menemukan banyak pertanyaan terkait TOEFL jangan heran. Isi soal tes TOEIC adalah soal lain karena memasuki suatu pekerjaan atau dipromosikan ke suatu perusahaan isi soalnya banyak bercerita tentang dunia kerja. Misalnya untuk presentasi di kantor atau pelanggan dan pertanyaan saat rapat. Tujuannya sangat berbeda bukan? Jadi jangan sampai salah pilih ujian apalagi mempersiapkan diri dengan baik!

Skor TOEIC dan TOEFL

Perbedaan skor TOEIC dan TOEFL dapat dilihat dari skornya. Tentu saja dalam kasus TOEFL skor akan bervariasi tergantung pada jenisnya. Skor maksimum untuk TOEFL CBT adalah 300 tetapi skor maksimum untuk tipe PBT adalah 677 dan skor maksimum terakhir untuk iBT TOEFL adalah 120. TOEFL online biasanya membutuhkan bahasa Inggris untuk diterima di universitas asing dengan skor minimal 109-120. Skor minimum untuk PBT adalah 500-550. Anda bisa mendapatkan skor dari 5 hingga 990 sebagai lawan dari skor TOEIC. Skor minimum yang Anda butuhkan untuk berpartisipasi atau naik peringkat adalah 700.

READ ALSO :  Mahasiswa baru, ketahuilah Perbedaan antara D3 dan S1

Apa kalian sudah siap untuk melakukan tes TOEIC atau TOEFL? Apa sudah paham dimana letak Perbadaan antara TOEIC dan TOEFL?

You May Also Like

Pentingnya Pendidikan Dalam Agama Islam

Pendidikan Dalam Agama Islam – Agama islam sangat erat hubungannya dengan sesuatu…

Al Quran Dan Hikmah Penciptaan Manusia

Hikmah Penciptaan Manusia Dalam Al Quran – Seperti yang diketahui oleh berbagai…

Manfaat Pendidikan Terbaik dari Memulai Perjalanan Sekolah

Manfaat Pendidikan Terbaik dari Memulai Perjalanan Sekolah – Ada kesempatan konstan bagi…

Usia Dimulainya Pendidikan Anak

Usia Dimulainya Pendidikan Anak yang harus diberikan kita sebagi orang tua. Ketika…