Apakah Penyakit Jantung Menjadi Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan?

Penyebab sakit dada sebelah kanan dapat terjadi karena gejala sementara yang terjadi karena kondisi yang tidak serius. Kondisi ini bisa terjadi apabila penderita merasa stres, terjadi ketegangan otot karena terlalu kerja keras, atau bahkan karena asam lambung.  Namun, nyeri dada, baik di sisi kanan atau kiri, dapat memiliki beberapa penyebab.  Penyebabnya termasuk masalah pada sistem pencernaan, paru-paru, dan bahkan jantung.

Tentu saja hal ini perlu ditanggapi secara serius.  Apabila nyeri sering terjadi serta sangat intens maka dapat dipastikan bahwa rasa nyeri akan meningkat. Terlebih apabila terjadi  gejala lain seperti kesemutan di lengan dan wajah, kesulitan bernapas, atau bahkan pingsan.

Ketahui Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan

Jika Anda pernah mengalami hal ini, tentu Anda tidak perlu panik apabila hal ini jarang dialami. Tetapi, tentu Anda harus mengenal penyebabnya sehingga Anda dapat melakukan pencegahan.  Berikut adalah beberapa penyebab rasa nyeri yang sangat umum terjadi, yaitu:

  1. Ketegangan Otot

Otot  tegang dapat menjadi penyebab paling sering terjadi saat seseorang mengalami nyeri dada. Hal ini sering terjadi dalam kurun  waktu satu atau dua hari setelah aktivitas yang melibatkan otot dada secara intensif.  Biasanya, mereka yang hobi olahraga di gym atau mereka yang bekerja dengan melibatkan aktivitas fisik cukup intens.

Cara penyembuhannya adalah mengompres daerah yang nyeri selama 15 menit atau lebih. Hal ini dapat  dilakukan dua atau tiga kali dalam sehari hingga empat hari. Jangan memijat sendiri karena mungkin Anda akan salah melakukan penekanan.

  • Stres

Kecemasan dapat menimbulkan rasa panik. Memang, jika rasa ini muncul maka akan ada sensasi tersendiri yang menyerang jantung. Pastinya nyeri pada dada terutama sebelah kanan pasti terjadi. Biasanya, rasa nyeri ini sering terjadi di bagian tengah dada meskipun nyeri di sebelah kanan dada juga sering  terjadi.

READ ALSO :  Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks

Terkadang penderita juga mengalami kesulitan bernafas, dan kesemutan serta keringat dingin. Jika memang bukan karena serangan jantung, maka gejala akan menghilang dalam beberapa menit. Cara terbaik menghilangkannya adalah dengan menenangkan diri dan menarik napas dalam-dalam. 

  • Masalah Paru-Paru Dan Jantung

Letak paru-paru dan jantung hampir berdekatan dimana  masalah pada salah satu dari organ tubuh ini dapat memicu nyeri pada dada. Masalah  pada paru dapat menimbulkan batuk, demam dan sesak napas. Beberapa orang juga merasa bahwa mereka terkena serangan jantung apabila merasakan nyeri dada di bagian kanan. Memang salah  satu tanda terjadinya masalah pada jantung adalah nyeri pada dada sebelah kanan. Tetapi perlu pemeriksaan  dokter lebih lanjut jika memang penderita tidak merasakan gejala sesak napas, namun nyeri tidak mau hilang.

  • GERD

GERD adalah penyakit yang disebabkan karena peningkatan produksi asam lambung, dimana makanan yang  sudah ada di perut akan naik ke kerongkongan. Selain rasa mual yang berkepanjangan , GERD juga dapat mengakibatkan rasa nyeri pada dada.  GERD dengan indikasi nyeri pada dada merupakan level kronis sehingga harus menjalani perawatan medis secara intens.

Pola Hidup Sehat dan  Teratur

Semua penyebab sakit dada sebelah kanan tersebut merujuk pada kebutuhan akan hidup sehat. Olahraga secara teratur dan tidak terlalu berat dapat mengurangi gejala nyeri pada dada jika memang ada tekanan berlebih  pada otot.  Sedangkan mereka yang mengalami gangguan lambung serta paru-paru dan jantung, tentu mereka harus berobat secara rutin di samping mengimbanginya dengan menerapkan pola hidup  sehat.

You May Also Like

Manfaat Kesehatan Dari Jeruk

Manfaat Kesehatan Dari Jeruk– Ketika Anda berpikir tentang manfaat Kesehatan Dari Jeruk,…

3 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

3 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan – Wortel salah satu jenis sayuran yang…

Manfaat Minyak Ikan Yang Baik Untuk Anak dan Orang Dewasa

Manfaat Minyak Ikan Yang Baik Untuk Anak dan Orang Dewasa – Kali…

Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks

Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks – Gejala Kanker Serviks pada banyak kasus…