Kesehatan Mental Anak Yang Berkualitas Menjadi Tanggung Jawab Orang Tua

Kesehatan Mental Anak Yang Berkualitas Menjadi Tanggung Jawab Orang Tua – Kesehatan mental anak terlihat saat anak mengalami perkembangan fisik serta emosional yang sehat.  Indikator kesehatan mental dapat terlihat dari cara mereka mengatasi masalah. Anak yang sehat secara mental memiliki kualitas hidup positif dan dapat berfungsi dengan baik di rumah, di sekolah, dan di komunitasnya.

Gangguan mental  pada anak digambarkan sebagai perubahan serius dalam cara anak dalam belajar, berperilaku, atau menangani emosi mereka.  Kesehatan mental yang terganggu adalah saat anak mengalami ketakutan, kemarahan dan kekhawatiran yang berlebihan. Padahal, karakter anak yang sebenarnya adalah karakter pemaaf dan mudah lupa jika mereka sempat kesal setelah melihat hal menyenangkan.

Membantu Anak Atasi  Stres Demi Kesehatan Mental

Kesehatan mental bukan hanya indikasi tidak adanya gangguan mental. Anak yang tidak memiliki gangguan mental akan menunjukkan perbedaan perilaku dalam mengatasi emosi mereka. Sedangkan anak yang mengalami gangguan mental tidak sekuat anak yang normal.  Hal terpenting yang harus diketahui orang tua adalah bagaimana anak tidak mengalami tekanan berkepanjangan yang menjadi awal dari gangguan mental.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Jika orang dewasa saja mengalami stres dan gangguan kesehatan karena pola hidup tidak sehat, anak pun juga mengalaminya. Anda dapat membandingkan mental anak yang selalu bermain game online atau selalu asyik dengan HP nya, dengan anak yang sering beraktivitas di luar rumah. Anak yang sering beraktivitas di luar rumah sering berinteraksi dengan anak lain dan dapat  menanggulangi masalah dengan cepat. Kekebalan tubuh pun lebih terbentuk.

  • Membangun Percaya Diri

Membangun percaya diri anak adalah salah satu tindakan signifikan untuk membangun kesehatan mental. Berikan pujian yang tulus dan realistis. Hindari memuji hal-hal yang berbau fisik serta kecerdasan.  Ingat, pujilah upaya mereka apabila mereka mau berusaha untuk mencapai keinginan, terlepas dari penampilan dan nilai mereka di kelas.  Saat mereka bilang bahwa mereka tidak pernah akan bisa memahami matematika, jangan berkata bahwa mereka pasti bisa. Sebaiknya, tanyakan pada mereka apa yang akan mereka upayakan untuk dapat memahaminya.

  • Menghabiskan Waktu Bersama
READ ALSO :  Deteksi Dini Gejala Kanker Serviks

Mereka yang gemar bermain HP pun dapat didampingi orang tua sewaktu-waktu. Orang tua juga dapat mengikuti karakter-karakter yang sedang tren, sehingga anak mau berbagi cerita. Orang tua juga dapat meluangkan waktu menonton YouTube bersama anak-anak dan dapat memberikan pendampingan apabila mereka mulai menonton konten yang tidak sesuai usia. Lebih bagus lagi jika orang tua mau bermain dengan anak  di luar rumah. Orang tua pun perlu bermain supaya tidak stres, bukan?

Apakah Gangguan Mental Disebabkan Kesehatan Mental?

Gangguan mental paling umum yang dapat didiagnosis pada masa kanak-kanak adalah attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), kecemasan dan gangguan perilaku lain.  Gangguan dan kekhawatiran masa kanak-kanak lainnya yang mempengaruhi cara anak-anak belajar, berperilaku, atau menangani emosi mereka dapat mencakup ketidakmampuan belajar dan perkembangan, autisme, dan faktor risiko seperti melukai diri sendiri.

Memang gangguan mental dapat dialami anak sejak lahir. Namun, demikian,  gangguan pada kesehatan mental anak juga akan berakibat pada hal-hal yang merugikan anak tersebut. Yang paling terlihat nantinya adalah ketidakmampuan mengendalikan emosi karena jarang berkomunikasi dengan orang yang tepat, dalam hal ini orang tua tentunya.  Jadi, peran orang tua sangat penting dalam mewujudkan kesehatan fisik dan mental anak secara keseluruhan. Fisik dan mental yang sehat dapat menjadi dasar dari pembentukan karakter anak untuk menghadapi masa depannya.

You May Also Like

Cara Ampuh Hindari Kanker Payudara

Cara Ampuh Hindari Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan penyakit yang ditakuti…

Penyebab Mual Terus Menerus Harus Segera Diatasi

Penyebab mual terus menerus sering dikaitkan dengan masuk angin. Padahal, banyak sekali…

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Penyebab dan Cara Mengobati Sariawan Secara Alami – Sariawan adalah penyakit dimana…

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Mimisan

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Mimisan – Mimisan atau yang bisa disebut…