deteksi dini gejala kanker serviks

Deteksi Dini Gejala Kanker ServiksGejala Kanker Serviks pada banyak kasus tidak tampak, karena gejalanya menyerupai penyakit ringan. Hal ini menyebabkan banyak perempuan tidak menyadari gejala – gejala dari kanker serviks. Mereka baru menyadari setelah kanker serviks ada di stadium lanjut. Setelah mencapai stadium lanjut, kanker serviks sulit disembuhkan dan pada akhirnya banyak menelan korban. Para perempuan menganggap gejala-gejala yang muncul adalah rasa sakit menjelang menstruasi atau masa ovulasi.

Kanker serviks dapat dideteksi sejak dini melalui pemeriksaan pap smear. Setiap perempuan perlu melakukan pemeriksaan pap smear secara rutin. Semakin dini kanker serviks terdeteksi, maka semakin cepat pula penanganan untuk proses penyembuhan bisa diusahakan. Dengan demikian, pertumbuhan sel kanker dapat diantisipasi dan tidak mencapai stadium yang lebih berbahaya. Bahkan The American Congress of Obstericans and Gynecologist merekomendasikan, pemeriksaan rutin sebagai deteksi dini keberadaan kanker serviks dimulai saat remaja usia 13 – 15 tahun.

Di awal tumbuhnya kanker, tidak menunjukkan gejala – gejala yang spesifik dan mudah dikenali. Tetapi pada stadium lanjut, ada beberapa Gejala Awal Kanker Serviks yang dapat diamati, antara lain:

Pendarahan Yang Tidak Normal

Perempuan yang mengidap kanker serviks biasanya mengalami pendarahan yang tidak normal pada vaginanya. Bisa berupa pendarahan ringan ataupun berat. Pendarahan yang terjadi diantara periode-periode menstruasi dan pendarahan setelah melakukan hubungan suami-istri. Pendarahan ini terjadi karena iritasi pada serviks. Pada perempuan sehat, bisa juga terjadi pendarahan, tetapi hanya sedikit. Sedangkan pada penderita kanker serviks, pendarahannya lebih banyak.

Keputihan Yang Tidak Biasa

Meningkatnya keputihan secara berlebihan juga merupakan salah satu gejala dari kanker serviks. Keputihan ini disertai bau yang menyengat. Keluarnya keputihan, berbeda antara satu perempuan dengan perempuan yang lain. oleh karena itu, jika mengalami keputihan yang tidak biasa, segera periksakan diri anda ke dokter.

READ ALSO :  Tips Mengatasi Hidung Mampet

Sakit Pada Bagian Pinggul

Sakit pada pinggul yang tidak terjadi di siklus menstruasi, bisa merupakan salah satu gejala dari kanker serviks. Beberapa perempuan yang mengalaminya menjelaskan bahwa rasanya di awal tidak terlalu menyakitkan, tetapi semakin lama rasa sakitnya akan semakin menjadi.

Sakit Pada Saat Buang Air Kecil

Sakit pada kandung kemih atau sakit pada saat buang air kecil merupakan gejala yang muncul pada stadium tinggi. Gejala ini terjadi disebabkan karena sel kanker telah menyebar hingga ke kandung kemih. Rasa sakit ini juga dapat ditimbulkan karena ginjal dan saluran urine tertekan oleh kanker sehingga terhambat.

Demikianlah tadi ulasan kita kali mengenai kanker serviks. Dengan mengetahui Gejala Awal Kanker Serviks lebih dini, langkah pencegahan dan pengobatan akan lebih mudah dilakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita, salam sehat selalu!

You May Also Like

3 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

3 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan – Wortel salah satu jenis sayuran yang…

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Mimisan

Penyebab dan Cara Praktis Mengobati Mimisan – Mimisan atau yang bisa disebut…

Apakah Penyakit Jantung Menjadi Penyebab Sakit Dada Sebelah Kanan?

Penyebab sakit dada sebelah kanan dapat terjadi karena gejala sementara yang terjadi…

Cara Ampuh Hindari Kanker Payudara

Cara Ampuh Hindari Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan penyakit yang ditakuti…